Wednesday, April 29, 2015

My Pregnancy Journey

Assalamualaikum..

Setelah setahun blog ini sepi dari celoteh ngalor-ngidul, akhirnya saya punya waktu buat cuap-cuap lagi.. HIHIHI

Alhamdulillah sejak menikah pada tanggal 3 Mei 2014, dua bulan kemudian saya diberi rejeki oleh Allah SWT. Tuhan menitipkan calon bayi yang memang sangat kami harapkan.

Jadi, pada kesempatan kali ini saya mau sharing tentang lika-liku kehamilan sampai ke proses persalinan anak pertama saya!! Agak panjang sih, tapi siapa tahu bermanfaat buat yang baca. Cekidot guys!!
newborn 

NGIDAM

Bulan pertama kehamilan, saya masih asoy urusan makanan karena belum ngerasain yang namanya morning sickness (mual-mual). Etapi yang lucuuu, suami saya yang justru tiap pagi owek-owek HAHAHA.. Kasian sih kalau inget. Apalagi waktu itu bertepatan bulan Puasa, biasanya setiap habis sahur, dia selalu owek-owek, keluar deh semua makanan yang dimakan pas sahur.

Nah, bulan ke-2 sampai bulan ke-4 DRAMA dimulai. Kenapa saya bilang drama? Karena eh karena, Morning sickness ini gak kenal tempat dan gak kenal waktu.
Kalau lagi pengen owek-owek, boro2 kepikiran cari tempat pewe buat muntah, masih untung kalau muntah di wastafel toilet, gak jarang saya muntah di selokan, di tempat sampah, di belakang pohon atau di trotoar pinggir jalan. POKOKNYA DRAMA!

Drama lain adalah si istri pengen makanan yang ribet nyarinya (sebenernya ngerjain suami doang sih! Hahahahhahaa). Saat hamil saya pingin tahu gejrot super pedes, otak-otak (mintanya tengah malem), macaroni schotel (harus yang di Bogor!), chocolate cake (mintanya jam 10 malem, cuma karena ngeliat kain flannel warna coklat yang sekilas mirip chocolate cake), pempek (request ini sempet dilarang suami karena mengandung cuka, tapi akhirnya dibeliin sama mertua, YEEAAYY!), telur asin (karena gak ada yang ngelarang, langsung makan 4 biji dan JENG.. JENG.. JENG.. besoknya diomelin sama dokter karena overweight), Spaghetti plus Pizza (ini juga dilarang sama suami karena katanya junk food, tapi karena si istri nangis-nangis sampe sesenggukan akhirnya berangkat juga ke PH)

Nah, pas masuk kehamilan ke-5 bulan, morning sickness pelan-pelan berkurang, berganti nafsu makan yang menggila. Masa-masa ini perut udah buncit tapi masih bisa enak tidur dan masih bisa tidur tengkurep HAHAHA. Tapi pas masuk kehamilan ke-6 bulan. Jangan ditanya deh.

KELUHAN KEHAMILAN

Pada kehamilan ke-7 bulan drama kembali berlanjut, saat itu ada proyek perbaikan saluran air di depan rumah. Debu-debu proyek masuk ke rumah. Efeknya? Sesak nafas lah si ibu hamil ini huhuhu.. Satu minggu lebih saya bertahan tanpa obat, karena takut berefek negatif pada janin, jadilah nafas maju-mundur-maju-mundur-enggak cantik hikss. Sampai akhirnya sesak-nya malah tambah parah. Akhirnya dibawa ngacir ke IGD RS Pasar Rebo buat diinhalasi/ diuap. Setelah dari IGD, besoknya saya konsultasi ke dokter spesialis paru dan oleh dokternya diberikan treatment penanganan sesak selama hamil. Alhamdulillah setelah treatment tersebut, keluhan sesak perlahan hilang.

Pada kehamilan ke-8 bulan, saya mulai deg-deg-syer, tidur mulai gak nyenyak, saya dan suami juga sering mimpi buruk. Tapi untung suami sering ngajak tahajud, lumayan menenangkan. Selain itu, karena saya belum ada pengalaman melahirkan, saya juga mulai googling segala macam informasi tentang proses melahirkan, baca-baca blog tentang pengalaman blogger2 melahirkan secara normal. Nonton video senam hamil di youtube (nonton doaaang, prakteknya males hehe). Intinya ngumpulin informasi sebanyak-banyaknya.

PERSIAPAN PERSALINAN

Pada kehamilan ke-9 bulan saya mulai perbanyak olah raga supaya si dedek bayi bisa lahir secara vaginal birth/ normal. Satu minggu sekali, saya dan suami berenang (supaya nafasnya kuat pas nanti mengejan), perbanyak jalan kaki (supaya dedek bayi cepet lahir alias gak lewat HPL), perbanyak olah raga jongkok-berdiri-jongkok-berdiri (supaya dedek bayi cepet turun ke panggul), perbanyak NGEBABU, NYAPU, NGEPEL, NYUCI PIRING (supaya dapet pahala dari Alloh Subhanahuwata’ala hahahahahaha Aamiin)

DETIK-DETIK PERSALINAN

Gelombang cinta alias mules kontraksi muncul perdana pada Selasa malam. Tapi karena durasi masih 2 jam sekali, plus bumil ini ngantuk parah a.k.a KEBO terabaikanlah rasa mules saat itu. Sampai pagi harinya jam 09.00, mulesnya sudah mulai setiap 10-15 menit sekali. Dan jam 10.00 air ketuban sudah rembes. Saya langsung minta suami untuk pulang kerja dan anter ke Rumah Sakit.

Sambil nunggu suami pulang, saya mandi dan nyiapin barang-barang yang mau di bawa ke RS (ya gitu deh, sambil nyengir-nyengir mules HAHAHA).
Singkat cerita sampailah ke Rumah Sakit jam 11.45. Dan langsung di cek udah pembukaan berapa. Dan JENG.. JENG.. JENG.. PEMBUKAAN DUA!! Karena ini kehamilan pertama, bidan-bidan memperkiraan pembukaan lengkapnya masih lama, mungkin malam atau shubuh besoknya.

Detik beralih ke menit, menit beralih ke jam, mules-nya makin lama makin heboh. Kira-kira jam 15.30 akhirnya saya dipindahkan ke ruang bersalin. HOHOHO dag-dig-dug jeder. Berkali-kali elus-elus perut: “Dedekkk, kita bakal meet up!”

Kira-kira jam 17.00, ada hasrat untuk pup yang gak kebendung. Saya bilang ke bidan: “Bu bidan, mau eek boleh gak?”
Karena menurut bidan perkiraan persalinan masih lama, eh saya dikasih perlak dong buat alas. DOI KIRA, EIKE MAU PUP BENERAN!!
Si suami akhirnya request ke bu bidan untuk cek pembukaan. Dan.. JENG.. JENG.. JENG.. “PEMBUKAAAN LENGKAAAAPPP, Pak!!” kata bu bidan.

“Oh YESSSSSSS.. Akhirnya hampir selesai perjuangan melawan rasa mules ini!!”
Dua kali mengejan, etapi SALAH POSISI (Yahilaahh, namanya lagi mules, mana kepikiran posisi, maunya mah mengejan doang). Akhirnya setelah mengejan ke-4 kali, tiba-tiba se-isi ruangan bilang: “Alhamdulillaaah”. Padahal saya gak ngerasa ada yang keluar..

Ternyata si dedek bayi bener2 pinter. Dia bantu mamahnya cari jalan lahir. Dia kayaknya keluar dengan sendirinya dari dalem.

Aqila 1 minggu
Saya resmi jadi ibu dari si cantik “AQILA SALMA PRAYOGO”. Baby Aqila lahir ke dunia dengan proses vaginal birth pada 18 Maret 2015 jam 17.50, berat badan 3000 gr, tinggi badan 45 cm. Alhamdulillah.


Aqila 6 minggu
** Sambil meluk baby Aqila yang lagi IMD (Inisiasi Menyusui Dini), saya yang penasaran langsung nanya ke bu bidan: “Bu bidan, tadi ada eek yang ikut keluar gak?? And she said: “Gak ada, bu!”  AHUY double Alhamdulillah kalau begitu..

1 comment:

  1. Alhamdulillah, karunia Allah yang begitu besar, dede Aqila terlahir normal dan dlm keadaan sehat. semoga kelak Aqila menjadi anak yang cerdas dan sehat (sesuai dgn arti namanya), semoga juga Aqila menjadi anak yang salihah, berbakti pada kedua orangtua, berguna bagi nusa dan bangsa, serta dapat menjadi safaat bagi kedua orangtuanya kelak di akhirat, aamin,

    ReplyDelete

VIEWER ^^

SAVE FERRIS - I'M NOT CRYING FOR YOU