Saturday, March 23, 2013

Amazing Kiluan.. Island of Adventure

Assalamualaikum..

Di malam hari yang lumayan cerah ini, saya mau sharing tentang perjalanan ke teluk kiluan dari tanggal 8 sampai 10 Maret kemarin. Hhhhmm perjalanan yang panjaang, butuh waktu yang panjang juga untuk menuangkannya ke sebuah tulisan. Tapi untuk para pembaca, kalian cuma butuh hati yang tulus kok buat nyimak tulisan saya. Uhuk! 

Gerbang desa Teluk Kiluan
Personil trip kali ini adalah Della (wanita super tangguh, tapi ajaibnya dimanapun dan kemanapun dia selalu sedia balsem atau minyak angin), Anita (wanita tinggi semampai, semeter sih sampai :p, dia super gampangan-kalau diajak kemana ajah hayukk hahaha), Robi (dia ini special guest star sih, tapi job desk dia di trip ini lebih banyak jadi photografer dan bodyguard pribadinya della-well, sebut saja pacar!, dan tentunya saya sendiri ^^. 



at deck
Pukul 21.00 kami janjian ketemu di Plaza Semanggi dan pukul 21.30 kami langsung meluncur ke pelabuhan Merak bersama rombongan lain yang juga dari travel #sebutsajaTRAVELNGEKNGOK. Sampai di Merak kira-kira pukul 00.00. Entah kenapa tengah malempun antrian yang akan menyebrang ke bakauheni sangat padat. Alhasil, kami baru bisa masuk ferry kira-kira pukul 01.00.
Di dalam ferry, tersedia beberapa kelas, ada kelas exclusive (dikenakan biaya extra 7000/org, bisnis (dikenakan biaya extra 5000/org, dan juga kelas ekonomi (kurang tahu apa kena extra cost atau tidak). Akhirnya kami pilih untuk masuk kelas bisnis (pas berangkat) dan kelas exclusive (pas pulang ke Jakarta). Well, karena ini pengalaman pertama naik ferry yang gede, kami ber-empat memutuskan untuk menikmati udara malam di deck kapal sambil makan pop mie.  Tapi.. Pppffuuhh tapi hantaman anginnya gak kuat, kapten!!! POP MIE super panas, jadi adem seketika!




bukit barisan ^^
Yeeeay.. keluar dari pelabuhan Bakauheni, langit masih gelap, tapi sekilas terlihat di kanan kiri jalan terpampang bukit barisan yang menurut saya sangat menawan! Mann, di Jakarta gak ada nih!
Sejenak mampir ke sebuah masjid untuk ibadah shalat shubuh, lalu perjalananpun dilanjutkan menuju desa Kelumbayan.. Well, for Information, dibutuhkan kurang lebih 7 jam perjalanan dari Bakauheni ke kiluan, tapi berhubung supir ELF yang kami naiki lumayan ngerock, jadi perjalanan dapat ditempuh kurang dari 6 jam! Eits.. Tapi jangan ditanya bagaimana cara dia nyupir yaa.. karena kami semua prefer "bobo metal" daripada jantung kami tergadaikan di jalan lintas sumatera!
  
suasana ELF 06.55
Jam 06.55 Saya bangun, lalu dikasih sarapan roti dan susu kemasan sama si mas guide. Sembari makan, sembari menikmati pemandangan di sekeliling yang lagi-lagi isinya bukit! Beberapa kali berhasil ngejepret sunrise, berkali-kali bosan karena tak kunjung sampai dan akhirnya saya pun kembali tidur lagi! zzzzZZZzzz

sunrise at bandar lampung

Hurraa.. Setelah melewati beberapa jalan yang ajrut-ajrutan, akhirnya kami tiba di perkampungan bali. Belum cukup sampai di situ, setelah melewati beberapa perumahan dengan cita rasa Bali dan juga beberapa pura yang baru selesai menyelenggarakan upacara keagamaan. Akhirnya kami sampai juga di teluk kiluan.. 
touchdown kiluaan!!
tempat sesajen di kampung bali, Kiluan



Tapi.. perjalanan ke pulau kiluan belum juga selesai, dari desa kiluan ini kami harus nyebrang lagi naik jukung.. Okesip.. ten minutes to go to hidden island!

sumringaaahh face ^^
Anddddd finally..  touchdown kiluan!!.. i'm really in love with this island!! Anyone want to buy me this island?? hahahahhaha


Di pulau ini cuma ada 2 pondok. Dan di halaman pondok itu full pohon kelapa. Entah kenapa ngerasa kayak di desanya Edward Cullen.. huahahahaa. Ok. singkat cerita, sampai di pondok, kami langsung beres-beres sebentar, terus sembari nunggu makan siang matang, kami memutuskan untuk menelusuri belakang pulau kiluan. Daann.. agak susah untuk diceritakan bagaimana keindahannya. Jadi silahkan lihat foto-fotonya aja yah..



Kiluan Island
11-12 kayak kampungnya abang Edward :))
anak ilang!!! hahhahaa
panorama belakang pulau ketika air laut surut
di manapun bisa nemplok, di situlah AKU!
yaahh! yang penting foto!!
stand up coral-dy!
ceritanya menanti pemilik tulang rusuk!!
sejauh mata memandang!! dia tak datang-datang!!
hole coral!!
oleh-oleh dari kiluaaan!!
!#$%^(&%@#$
ceritanya abis SNORKLING!
Siang harinya setelah makan siang, kami  meluncur untuk snorkeling. Sayang skali guide dari travel #sebutsajaTRAVELNGEKNGOK gak tahu dimana spot snorkeling yang bagus. Alhasil oleh-oleh snorkeling siang itu yaaa dengan bangga, kami mempersembahkan bulu babi sama ikan cupang kecil. Hadeeeehh..  tapi untung pantainya bening dan lumayan bikin betah berenang, jadi sampai sorepun kami ngapung di pantai Alhamdulillah gak bosan


Pukul 16.00. Setelah selesai bersih-bersih, kami siap-siap hunting sunset di belakang pulau. Waahh air yang tadi siang surut, sore harinya sudah pasang.. TKP tempat saya foto di atas pohon tumbangpun sudah dikelililingi air laut.. Ohiya berbeda dengan panorama pulau depan kilauan yang isinya pantai tenang, panorama belakang pulau justru isinya deburan ombak dan daratannya dipenuhi bekas-bekas ranting pohon yang tumbang. Entah apa yang terjadi pada hari sebelumnya!

sunset at kiluan
tebing at kiluan
gotcha! nice sunset!
semak belukar belakang pulau
waiting for sunset
Anda menemukan kemistisan dalam foto ini?

DOLPHIN TOUR!
Dolphinooo.. where are you??
Yeeeeeaahh inget lagunya Bondan prakoso kan?  Si lumba-lumba dari selat sunda??
Sipp!! Kami naik jukung ke selat sunda.. jukungnya kecil, Cuma muat 4 orang (include si abang jukung). Dan ombak di laut sunda, even gak gede-gede amat, tapi ya lumayan bikin mabok laut juga sih.. Dari yang awalnya saya, della, dan anita super excited teriak-teriak setiap kali jukung dihempas ombak, sampai akhirnya setelah 2 jam lebih terombang-ambing di laut lepas, akhirnya kami semua pasrah dan memilih diam seribu kata karena menahan rasa mual.. huaahaahhahahahaa
Ohiya, kalau ada pertanyaan, Dolphinnya mana?? Jawabannya simple: Ohhhhh ada noh di ANCOL!! Makasih.
pose with aceng!! a little boy from Kiluan :))
Pukul 11 tepat! Kami semua fix meninggalkan pulau kiluan, pulau super virgin yang berhasil membuat kulit kami menghitam seketika!! Instan tanpa blacktening.. Pulau dengan sejuta kisah, romansa dan mistis jadi satu!! Huahahhahaa gak usah dibahas lah, gak cukup satu postingan untuk membahas itu semua.. Intinya!! Next time saya akan kembali ke pulau ini!! Dengan dia yang juga pencinta dolphin, dengan dia yang mau bertepos-tepos selama perjalanan panjang 7 jam dari bakauheni menuju kiluan.. yaa! Hai kamu!! Yukk ke kiluan :p



bubbye Kiluaaaan Island..
wahanaaa extreeem selama di Lampung!! Seriously!!
zzZZZzzzzz schlaf gut, dann!! Tschuesss, Lampung!


6 comments:

  1. Menarik di baca, tapi kenapa saya di bilang anak ilang ya??? hmfffff....

    ReplyDelete
  2. huahahaha.. abis bingung mau kasih caption apa.. ya masa gw tulis "anak menteng"?? Pembohongan public coy!! hhhaaahhaa

    ReplyDelete
  3. Waww... Nunggu anaku gede baru aku kesini ahhhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wehehehehe semua dolphino-nya belum migrasi ke Ancol yaaa :))

      Delete
  4. Replies
    1. rombonganku kesiangan nid.. Lumba2nya udah kelarr sarapan.. Jadi ga dpt momentnya :(

      Delete

VIEWER ^^

SAVE FERRIS - I'M NOT CRYING FOR YOU