Friday, January 25, 2013

Shaun The Sheep Tak Ingin Diadu


Dalam tayangan kartun animasi Shaun the Sheep, domba digambarkan sebagai sosok hewan yang lucu, berbulu lembut, lemah dan mudah terpedaya. Mungkin karena itu juga ada istilah adu domba.. karena mungkin si domba kalau diadu kelihatannya lucu dan seru gitu yaa (waddezig.. jedotin kepala). Beda kalau yang diadu itu anjing.. Anjing itu kan pinter, agak sedikit bernaluri buas dan pemburu. Yang ada bisa-bisa malah nyerang balik si empunya anjing.. (ini hanya asumsi dan kemungkinan lohh yaaah)

Sedikit kutipan dari lagu Bang Haji Oma:

Sayang-sayang seribu kali 
Domba-domba tak menyadari 
Kasihan aduhai kasihan 
Domba-domba pun bermusuhan 
Hentikanlah hentikan itu kedhaliman 
Janganlah dan janganlah kau mengadu domba
Adu domba adu domba mengadu domba 
Sungguh suatu dosa 
Adu domba adu domba mengadu domba 
Perbuatan tercela

Rasanya gimana yah jadi korban adu domba gitu?? hhmmm *pura-pura belum pernah*
Entahlah.. pokoknya bagi saya, sangat terlaknat lah pihak yang suka mengadu domba di antara manusia. Hidup di dunia itu cuma sementara. Jadi, please jangan digunakan untuk ngibal-ngibul sana sini demi pencitraan.. (ini ceritanya si dita lagi emosi!!hahahahha)

Haram mengadu-domba di antara manusia ada hadistnya nih. Riwayat Abdullah bin Masud ra.:
Sesungguhnya Muhammad SAW pernah bersabda: Maukah kamu sekalian aku beritahukan tentang apa itu adhhu? Adhhu adalah perkataan adu-domba yang selalu diucapkan di antara orang banyak. 
Dan sesungguhnya Muhammad SAW juga pernah bersabda: Sesungguhnya seseorang selalu berkata jujur sehingga dia tercatat sebagai orang jujur dan seseorang selalu berdusta sehingga dia dicatat sebagai seorang pendusta. (Shahih Muslim No.4718)

1 comment:

VIEWER ^^

SAVE FERRIS - I'M NOT CRYING FOR YOU